Langkah-langkah Membuat Blog

Langkah-langkah Membuat Blog – Membuat blog bisa sangat bermanfaat untuk merek pribadi atau bisnis Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri dan dapat meningkatkan visibilitas online Anda, terhubung dengan audiens Anda, dan menjadi sumber penghasilan tambahan.

Artikel ini berisi panduan lengkap pemula tentang langkah langkah membuat blog. Kami akan berbicara tentang menemukan ceruk, membuat platform blogging, menerbitkan konten, dan mempromosikan blog Anda.

Langkah-langkah membuat Blog dalam langkah sederhana

Jika Anda mencari panduan singkat tentang cara membuat blog, berikut adalah delapan langkah yang harus Anda ikuti:

Pilih niche untuk blog Anda. Pilih sesuatu yang Anda sukai. Idealnya, itu harus menjadi topik yang juga menarik minat orang lain.

Dapatkan web hosting dan nama domain. Belilah akomodasi yang paling sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Kemudian pikirkan nama khusus untuk domain Anda, periksa ketersediaannya, dan daftarkan dengan pencatat domain.

Siapkan platform untuk blog Anda. Pilih platform dan konfigurasikan untuk dapat mulai memublikasikan konten.

Buat blog Anda dengan WordPress. Kami telah memilih platform ini karena ini adalah yang paling populer.

Rancang dan sesuaikan blog Anda. Ubah desain dan fungsinya sesuai keinginan Anda.

Posting konten. Biasakan diri Anda dengan alat penerbitan yang tersedia dan mulailah merencanakan, menulis, dan menerbitkan artikel di blog Anda.

Promosikan dan kembangkan pengikut blog Anda. Rencanakan dan jalankan cara untuk mempromosikan blog Anda untuk meningkatkan lalu lintas dan mendapatkan pembaca setia.

Uangkan blog. Setelah Anda memiliki lalu lintas dan pembaca yang signifikan, terapkan metode seperti iklan dan pemasaran afiliasi.

Di beberapa bagian berikutnya, kami akan menguraikan setiap langkah untuk membuat blog dan memberikan detail lebih lanjut.

Pilih niche untuk blog Anda

Niche mengacu pada topik tertentu yang akan menjadi fokus blog Anda, serta memungkinkan Anda untuk menentukan audiens target Anda. Ini juga akan membantu Anda memilih nama blog Anda dan mengembangkan strategi blog yang terfokus.

Beberapa ide untuk blog adalah buku, perjalanan, permainan, fotografi, dan memasak.

Mungkin tergoda untuk membahas berbagai topik saat memulai sebuah blog. Namun, mencoba menguasai semua topik sangat sulit dan tidak mungkin. Anda mungkin mendapatkan beberapa posting yang berhasil, tetapi audiens Anda akan tersebar, sehingga sulit untuk mempertahankan pembaca setia.

Itulah mengapa penting untuk tetap berpegang pada ceruk yang dapat membangun pengikut setia. Pemirsa setia akan menantikan konten Anda berikutnya, memberi blog Anda aliran lalu lintas yang stabil.

Untuk menemukan niche yang sempurna untuk blog yang sukses, ingatlah tip berikut:

Pilih ceruk yang Anda sukai atau sukai. Menulis tentang topik yang Anda sukai akan selalu lebih memuaskan daripada memaksa diri Anda untuk menulis tentang sesuatu yang tidak Anda pedulikan. Pikirkan tentang hobi, minat, atau topik yang ingin Anda pelajari lebih lanjut. Jika memungkinkan, buat mereka lebih spesifik. Contoh yang baik adalah blog buku yang berfokus pada membaca dengan anggaran terbatas.

Pilih niche yang memiliki potensi audiens. Harus ada tingkat minat yang sudah ada sebelumnya dalam topik yang Anda pilih untuk memastikan bahwa Anda akan memiliki audiens untuk ditargetkan. Gunakan Google Trends untuk menemukan volume pencarian untuk kata kunci tertentu yang terkait dengan niche Anda dan tentukan apakah orang membicarakannya di media sosial dan di forum komunitas. Ini bisa memberi Anda ide untuk menulis di blog Anda.

Anda tidak perlu menjadi ahli untuk memanfaatkan niche. Menjadi seorang ahli membawa otoritas tertentu yang dicari banyak pembaca, tetapi itu bukan keharusan. Yang paling penting adalah memiliki perspektif yang unik dan kemauan untuk belajar. Misalnya, Anda mungkin bukan seorang fotografer profesional, tetapi Anda dapat memulai blog tentang cara memulai fotografi sebagai pemula. Jika otoritas tampaknya penting untuk ide Anda, Anda dapat menyertakan wawancara dengan para ahli di blog Anda.

Dapatkan web hosting dan nama domain

Setelah Anda memilih niche, sekarang saatnya untuk mulai menyiapkan situs web untuk blog Anda. Dua langkah terpenting dalam meluncurkan blog di Internet adalah mendapatkan hosting dan nama domain.

Singkatnya, hosting adalah layanan yang memungkinkan Anda mempublikasikan situs web dan semua filenya secara online, sehingga memungkinkan orang untuk mengunjunginya.

Mendapatkan hosting berarti menyewa ruang di server milik penyedia hosting, yang memberi Anda akses ke alokasi sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan blog Anda.

Jenis-jenis hosting untuk blog

Sebagian besar perusahaan hosting web, termasuk Hostinger, menawarkan berbagai jenis layanan hosting. Tergantung pada jenis blog yang ingin Anda miliki, beberapa paket hosting akan lebih sesuai dengan kebutuhan Anda daripada yang lain.

Mari kita lihat sekilas masing-masing jenis paket hosting yang ditawarkan oleh Hostinger:

Hosting bersama. Ini adalah jenis hosting termurah, di mana pengguna berbagi sumber daya server di antara beberapa situs web. Ini sangat bagus untuk situs web kecil, seperti blog pribadi. Paket hosting bersama mulai dari Rp.15.000/bulan.

Hosting WordPress. Jenis shared hosting yang dioptimalkan untuk situs WordPress. Jika Anda berencana menggunakan WordPress untuk blog kecil Anda, paket ini adalah pilihan yang sempurna, mulai dari Rp.30.000/bulan.

Hosting Awan. Jenis hosting yang kuat namun mudah digunakan di mana Anda memiliki akses ke sumber daya jaringan server cloud. Lebih mudah untuk pergi ke Cloud Hosting ketika Anda memiliki banyak konten dan banyak pengikut. Harga awalnya adalah Rp.160.000/bulan.

Hosting VPS. Jenis hosting yang kuat dan fleksibel tempat Anda mendapatkan sumber daya khusus dari server. Hosting VPS adalah pilihan yang sangat baik untuk pakar teknis yang menginginkan kontrol penuh atas sumber daya server. Paket hosting VPS mulai dari Rp.60.000/bulan.

Hosting WooCommerce. Jenis hosting yang dirancang khusus untuk toko online yang dibangun di WooCommerce, plugin eCommerce WordPress open source. Hosting WooCommerce mulai dari Rp.55.000/bulan.

Semua paket yang ditawarkan oleh Hostinger dilengkapi dengan sertifikat SSL gratis, dukungan langsung 24/7, dan memenuhi syarat untuk jaminan uang kembali 30 hari.

Setelah hosting dikonfigurasi, sekarang saatnya untuk mendapatkan nama domain. Nama domain adalah apa yang harus dimasukkan pengguna di bilah alamat untuk membuka situs Anda. Misalnya, hostinger.es adalah nama domain kami.

Untuk mendapatkan nama domain khusus, Anda harus membelinya dari pencatat domain pilihan Anda. Beberapa perusahaan hosting web, seperti Hostinger, bertindak sebagai pendaftar domain. Oleh karena itu, dimungkinkan untuk membeli web hosting dan domain secara bersamaan.

Jika Anda membeli hosting selama satu tahun atau lebih di Hostinger, Anda juga akan menerima nama domain gratis selama satu tahun.

Saat memilih nama domain, usahakan untuk membuatnya mudah diingat sehingga pengguna kembali mengunjungi blog Anda, dan nama itu sedekat mungkin dengan nama blog Anda. Untuk membantu Anda menemukan ide nama domain, coba pemeriksa domain atau generator domain kami.

Leave a Reply