Cara Daftar Pedulilindungi

Optimaise.id – Kementerian Luar Negeri RI telah menginformasikan bahwa warga Indonesia dan warga asing lainnya (non-WNI) yang telah divaksinasi di Indonesia terhadap COVID-19 diberikan sertifikat vaksinasi fisik dan elektronik yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMKES). Sertifikat elektronik dapat diakses, dilihat, atau diunduh di situs web dan Aplikasi resmi pemerintah Indonesia di https://www.pedulilindungi.id/

Orang asing dapat menggunakan nomor Paspor mereka sebagai pengganti NIK dalam mendaftar ke Pedulilindungi. Untuk pertanyaan lebih lanjut atau untuk mengatasi masalah pendaftaran atau penggunaan situs web dan Aplikasi Pedulilingdungi, silakan hubungi:

Nomor Call Center: 119 ekstensi 9

email: vaksin@pedulilindungi.id

Kedutaan telah diberitahu bahwa situs web dan Aplikasi Pedulindungi menyebutkan bahwa “Jika Anda adalah warga negara asing, harap periksa kemajuan verifikasi Anda di kedutaan masing-masing.” Kedutaan Besar ingin mengklarifikasi bahwa diskusi antara Kementerian Luar Negeri Indonesia dan berbagai kedutaan yang terakreditasi di Indonesia masih berlangsung tentang bagaimana melanjutkan proses ini.

Saat ini, Kedutaan Besar tidak memiliki akses, kontrol, atau informasi tentang kemajuan verifikasi pendaftaran apa pun dengan situs web dan Aplikasi PeduliLindungi. Harap siaga untuk pembaruan lebih lanjut tentang masalah ini.

Cara Daftar Pedulilindungi

Pertama buka Situs Pedulilindungi, kemudian klik Login/Register, lalu akan muncul halaman login, karena kamu belum punya akun dan ingin mendaftar di PeduliLindungi, klik Daftar atau kamu juga bisa langsung klik tautan ini untuk Daftar Pedulilindungi

Isikan Nama Lengkap Sesuai dengan dengan KTP dan Alamat Email atau Nomor HP yang kamu gunakan

Centang pada bagian “Saya menerima segala isi Syarat Penggunaan dan Kebijakan Privasi” lalu centang lagi pada “I’m not a robot” lalu klik daftar.

Kamu akan menerima pesan yang berisikan 6 digit kode OTP di alamat email atau nomor HP yang kamu daftarkan tadi, masukan kode tersebut untuk verifikasi.

Selesai, kamu sudah terdaftar di Pedulilindungi dan kamu sudah bisa melakukan login dengan Email atau Nomor HP yang sudah kamu daftarkan.

Pastikan email / nomor HP yang kamu daftarkan aktif, karena saat login di PeduliLindungi akan ada verifikasi kode yang dikirimkan untuk melanjutkan Login.

Cara menggunakan aplikasi Peduli Lindungi

Menurut aturan baru, semua tamu harus mengunduh aplikasi PeduliLindungi, mendaftar disana dan mengisi formulir eHAC untuk masuk ke Indonesia.

Panduan penggunaan aplikasi PeduliLidungi

Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Pedulilindungi untuk Android/iPhone

Instruksi lebih lanjut adalah untuk Android, tetapi dalam kasus iPhone semuanya akan sama.

Setelah menginstal aplikasi, Anda akan memiliki serangkaian slide referensi, Anda hanya perlu mengklik tombol panah di bagian bawah halaman.

Langkah selanjutnya, Anda perlu mengkonfirmasi masuk dan setuju dengan aturan

Setelah itu, Anda perlu melakukan pendaftaran dengan nomor telepon atau melalui email. Jika Anda sudah memiliki akun di Peduli Lidungi, maka Anda perlu memasukkan nomor telepon atau email Anda dan klik tombol MASUK.

Jika Anda harus mendaftar, Anda perlu mengklik link Daftar dan pindah ke halaman pendaftaran. Di aplikasi, Anda hanya dapat menentukan nomor lokal, jika Anda tidak memilikinya, lalu pilih tab dengan email dan isi datanya.

Baca Juga : Jasa SEO Jakarta Terbaik

Nama Lengkap

Pada tahap proses selanjutnya, aplikasi akan meminta akses ke lokasi, media, dan penyimpanan Anda. Anda harus mengizinkan semua akses, jika tidak, aplikasi tidak akan berfungsi.

Anda akan melalui prosedur verifikasi standar dengan kode verifikasi, yang akan dikirimkan kepada Anda melalui telepon atau email (pesan harus segera datang, jika ini tidak terjadi, maka periksa folder SPAM).

Setelah menyelesaikan pendaftaran, Anda harus terlebih dahulu mengisi data pribadi Anda dan melanjutkan untuk mengisi aplikasi eHAC.

Data pribadi

Klik tombol Akun di menu atas, lalu klik ikon edit, lalu isi data diri Anda.

Identitas akun – pilih Warga Negara Indonesia

  • Nama Lengkap
  • Tanggal Lahir
  • Email
  • Nomor telpon

Setelah mengisi semua kolom, klik tombol Simpan. Selanjutnya, kembali ke halaman utama (tombol Home di menu atas) dan klik tombol Electronic Health Alert Card (eHAC) di akhir halaman.

Ubah bahasa ke bahasa Inggris di menu atas, buat kartu eHAC, lalu klik tombol “Personal Detail” dan masukkan informasi pribadi Anda.

Isi semua kolom dan klik tombol Simpan.

Jika Anda terbang dengan anak di bawah 12 tahun, klik Tambahkan Tanggungan dan isi detail untuk setiap anak secara terpisah

Selanjutnya, Anda harus mengisi rincian perjalanan Anda. Jika Anda terbang melalui Jakarta dan akan dikarantina di sana, Anda harus menunjukkan wilayah Jakarta tempat hotel karantina Anda berada (nama wilayah dapat dilihat di google maps).

  • Jakarta Pusat – Jakarta Pusat
  • Jakarta Utara – Jakarta Utara
  • Jakarta Timur – Jakarta Timur
  • Jakarta Selatan – Jakarta Selatan
  • Jakarta Barat – Jakarta Barat

Setelah mengisi semua data, klik tombol Berikutnya dan lanjutkan untuk mengisi informasi tentang kondisi kesehatan Anda.

Apakah Anda memiliki gejala di bawah ini? – Pilih saja “Tidak Ada”.

Setelah mengisi data, klik tombol Next dan selesaikan prosedur pembuatan kartu eHAC.

Selain itu, Anda dapat memverifikasi sertifikat vaksinasi Anda di situs web khusus agar sertifikat tersebut muncul di aplikasi Peduli Lindungi. Verifikasi ini bukan merupakan persyaratan wajib untuk masuk ke negara tersebut, ini lebih untuk kenyamanan Anda sehingga Anda dapat menggunakan aplikasi di Bali di mana Anda harus menunjukkan sertifikat vaksinasi.

Anda perlu mengunjungi website Kementerian Kesehatan Indonesia, mengisi semua kolom, mengunggah foto paspor dan sertifikat vaksinasi dalam bahasa Inggris.

Informasi tersebut diperiksa secara manual oleh pegawai Kementerian Kesehatan RI, sehingga prosesnya bisa memakan waktu beberapa hari. Setelah sertifikat Anda diverifikasi, sertifikat akan diunggah ke aplikasi Peduli Lindungi secara otomatis.

Jika Anda tidak sempat menyelesaikan proses verifikasi sertifikat Anda sebelum keberangkatan, tidak masalah. Anda selalu dapat memakai sertifikat asli Anda.

Leave a Reply