Bagaimana Cara Membuat Backlink

Optimaise.id – Tidak dapat dipungkiri bahwa backlink tetap menjadi salah satu dari tiga faktor peringkat teratas Google, dan tidak mungkin berubah dalam waktu dekat.

Ini berarti banyak pemasar dan pemilik bisnis yang bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan backlink ke situs mereka. Tautan dari satu situs web ke situs web lain dilihat sebagai suara kepercayaan, kepercayaan, dan otoritas.

Peningkatan otoritas ini dapat berarti peringkat yang lebih tinggi di SERP, sehingga memberikan situs Anda lebih banyak visibilitas dan kemungkinan lebih banyak lalu lintas organik. Meskipun demikian, tidak semua tautan dilihat secara setara di mata Google, dan jenis yang salah ( tautan beracun) dapat membahayakan, alih-alih membantu, peringkat Anda.

Pada dasarnya, backlink harus:

Dapatkan hasil editorial

Berasal dari situs web resmi yang relevan secara topik

Belum dibayar, atau disponsori (termasuk sebagai akibat dari produk hadiah)

Tautan balik yang tepat dapat membantu meningkatkan strategi SEO Anda, dan ada banyak cara agar Anda dapat memperoleh tautan yang luar biasa. Tapi di mana Anda mulai?

1. Membangun Tautan Sumber Daya

Saat memikirkan cara mendapatkan backlink, banyak yang sering memulai dengan memikirkan taktik yang besar dan rumit. Tetapi salah satu cara paling efektif untuk membangun tautan adalah dengan membangun tautan sumber daya.

Agar berhasil dengan taktik ini, Anda perlu mengidentifikasi di mana bisnis Anda dapat menambah nilai bagi audiens Anda. Maka Anda perlu membuat halaman sumber daya yang hebat sehingga Anda bisa mendapatkan tautan balik berkualitas dari otoritas terkait.

Contoh umum di mana halaman sumber daya ada secara online meliputi:

Papan perjalanan dan pariwisata

universitas

Pemerintah lokal

Tangkapan layar Sumber Daya Karir UCLA

Dan Anda sering dapat menemukan peluang ini dengan menganalisis profil tautan pesaing Anda dan melihat siapa yang menautkannya tetapi bukan Anda. Dengan menggunakan Alat Analisis Tautan Balik SEMrush, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi sumber daya yang tertaut ke situs pesaing Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengerjakan strategi konten yang dapat menarik perhatian mereka, dan mereka ingin menautkan ke situs Anda sebagai gantinya.

2. Bangunan Tautan Rusak

Pembuatan tautan rusak adalah tentang menemukan halaman web informatif dengan tautan eksternal ke halaman mati.

Jika Anda dapat mengidentifikasi tautan rusak yang mengarah ke 404 halaman dan menyajikan konten alternatif yang sama baiknya, jika tidak lebih baik, daripada tautan aslinya, Anda dapat dengan cepat membuat beberapa tautan yang sangat bagus.

Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki konten yang serupa dengan yang awalnya ditautkan (atau bersiaplah untuk membuatnya). Anda dapat mendorong tingkat keberhasilan yang wajar dari taktik ini, karena baik pengguna maupun situs web yang Anda inginkan tautannya tidak akan mendapat manfaat dari tautan ke halaman 404. Anda membantu seorang webmaster untuk mengurangi tautan rusak di situs mereka sambil menyarankan pengganti alternatif, sehingga mereka tidak perlu mencari sendiri. Anda dapat membaca panduan kami di Broken Link Building untuk mempelajari cara menggunakan taktik tersebut.

3. Sebutan Merek yang Tidak Tertaut

Dari penyebutan oleh surat kabar online regional dan stasiun radio hingga ulasan dan referensi produk, tidak jarang banyak bisnis menemukan bahwa mereka telah disebutkan di seluruh web.

Meskipun situasi yang ideal adalah bahwa penyebutan ini juga tertaut ke situs web Anda, terkadang tidak. Ini dikenal sebagai sebutan merek yang tidak tertaut.

Tetapi bagaimana Anda menemukan penyebutan merek yang tidak tertaut dan mencoba mengubahnya menjadi tautan?

Anda dapat menemukannya dengan Alat Pemantauan Merek SEMrush.

Tangkapan layar Alat Pemantauan Merek SEMrush

Siapkan alat untuk memantau penyebutan merek Anda, dan Anda akan menerima ini langsung ke kotak masuk Anda saat terjadi.

Untuk menemukan penyebutan tak tertaut yang ada, cukup klik kotak ‘tidak ada tautan’ pada tarik-turun ‘tautan ke situs web’, dan Anda akan melihat daftar penyebutan merek yang tidak tertaut.

Kemudian Anda dapat mulai menjangkau webmaster, jurnalis, atau blogger yang menyebutkan merek Anda dan dengan sopan meminta mereka untuk menambahkan tautan.

Namun, untuk memaksimalkan peluang terjadinya hal ini, Anda harus dapat menunjukkan bagaimana tautan menambah nilai editorial. Anda dapat menggunakan template ini sebagai dasar untuk menjangkau (yang dapat Anda lakukan dan kelola melalui Alat Pembuatan Tautan).

4. Tautan Pemasok

Jika Anda menjual produk orang lain, Anda bisa mendapatkan peluang bagus untuk mendapatkan banyak tautan yang benar-benar otoritatif ke situs Anda.

Banyak produsen dan pemasok memiliki halaman ‘tempat membeli’ atau ‘stockist’ di situs web mereka, seperti ini:

Ini hanyalah produsen yang mengarahkan pengguna ke tempat di mana mereka dapat membeli produk mereka. Dan jika Anda adalah penjual produk produsen, Anda harus terdaftar (dan ditautkan).

Kumpulkan daftar semua pemasok Anda dan situs web mereka dan kerjakan satu per satu untuk mencari halaman yang mencantumkan stokis mereka.

Menemukan halaman tetapi melihat bahwa Anda tidak terdaftar?

Ini mungkin tidak disengaja. Jangkau siapa pun kontak Anda di perusahaan, bagikan halaman, dan tanyakan bagaimana prosesnya agar situs web Anda terdaftar dan ditautkan. Seringkali, kontak Anda dapat mengatur ini untuk Anda. Yak, itulah Cara Membuat baclink yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan Rank Website kamu.

Leave a Reply