Cara Mendaftarkan Domain dan Hosting Situs Web Anda

Optimaise.id – Salah satu tantangan yang kami hadapi saat membuat dan membagikan konten online adalah bahwa bisnis lain mengontrol atau dalam beberapa kasus “memiliki” konten kami. Sebagai contoh, banyak orang menyarankan bahwa rumah utama mereka di Internet adalah halaman Facebook atau LinkedIn mereka. Masalahnya adalah jika salah satu dari perusahaan ini mengubah model bisnis mereka atau menutup, Anda akan kehilangan semua konten yang telah Anda bagikan di sana.

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang dasar-dasar Cara daftar Hosting dan Domain website. Saya akan memberikan contoh dari perusahaan hosting yang saya rekomendasikan (Reclaim Hosting).

Rumah online Anda

Karena alasan yang disebutkan di atas (dan banyak lagi), saya percaya bahwa penting bagi Anda untuk memiliki dan memelihara ruang online Anda sendiri. Saya percaya bahwa sekolah kita harus membantu mempersiapkan kita untuk lingkungan ini dengan memulai domain ini saat kita memasuki sistem pendidikan.

Dalam serangkaian posting yang akan datang, berikan lebih banyak panduan untuk mengembangkan rumah online Anda. Saat Anda memulai proses ini, penting untuk memahami beberapa dasar-dasar hosting situs web Anda sendiri

Salah satu analogi yang digunakan untuk memahami hubungan antara domain dan hosting adalah dengan membandingkan situs web Anda dengan sebuah rumah. Alamat rumah adalah nama domain. Rumah yang lengkap adalah web hosting. Di dalam rumah, dan termasuk di properti adalah semua data, file, dan GIF kucing yang membentuk situs web Anda

Apa itu domain?

Domain, atau lebih tepatnya nama domain adalah sistem penamaan yang diberikan untuk alamat server web dan halaman web. Ini adalah bagian yang mudah diingat dan dieja dari alamat halaman web dan situs web. Di belakang nama domain juga terdapat alamat Internet Protocol (IP) dari berbagai halaman web dan situs web.

Kebanyakan orang tidak tertarik dengan alamat IP situs web dan malah fokus pada nama domain saat menghubungkan ke informasi ini. Nama domain dimaksudkan untuk menjadi nama yang lebih bermanfaat dan mudah diingat untuk situs web, sedangkan alamat IP adalah alamat teknis host web.

Nama domain diatur dari kanan ke kiri. Deskriptor umum, atau “domain tingkat atas” (TLD) ada di paling kanan. Deskriptor yang lebih spesifik disertakan di sebelah kiri. Tingkat domain dipisahkan oleh titik atau “titik”. Nama mesin, seringkali “www” kadang-kadang disertakan sampai ke kiri, tetapi ini lebih jarang disertakan.

Sebagian besar server A.S. menggunakan TLD tiga huruf (.com, .edu, .net). Negara di luar AS lebih sering menggunakan dua huruf TLD (.au, .jp, .ca). Masing-masing TLD ini memiliki alasan khusus untuk penggunaannya, dan diatur oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Saat kita di sini, kita harus memahami bahwa nama domain tidak sama dengan URL untuk halaman web. Agar benar secara teknis, nama domain adalah bagian dari alamat yang lebih besar untuk situs web yang dikenal di Uniform Resource Locator (URL). URL masuk ke detail yang jauh lebih besar daripada nama domain dengan memberikan informasi tentang alamat halaman tertentu, nama folder, nama mesin, dan tanggal.

Apa itu hosting?

Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu untuk memposting situs web atau halaman web ke Internet. Host web, atau penyedia layanan hosting web, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang diperlukan agar situs web atau halaman web dapat dilihat di Internet. Layanan hosting web menyimpan file situs web Anda di komputer bertenaga tinggi (server web) yang terhubung ke jaringan yang sangat cepat.

Saat Anda membuat situs web dan ingin orang lain melihatnya, Anda perlu mempublikasikan (atau mengunggah) situs tersebut secara online menggunakan layanan hosting web. Anda kemudian dapat mengizinkan orang lain untuk melihat situs web Anda hanya dengan mengetikkan alamat situs web Anda di browser mereka. Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser.

Ada banyak pilihan untuk meng-host situs web Anda secara gratis. Saya sering menggunakan Google Sites, Wikispaces, Weebly, Wix, dan WordPress.com di kelas saya atau dengan siswa. Sekali lagi, Anda mempercayai bisnis ini dengan konten Anda jika Anda menggunakan layanan gratis ini. Jika Anda memiliki konten yang ingin Anda pastikan tetap online, Anda perlu mempertimbangkan untuk membayar hosting.

Cara memiliki rumah online sendiri

Saya menggunakan Reclaim Hosting sebagai penyedia hosting web saya. Mereka juga membantu saya mengidentifikasi dan mendaftarkan sebagian besar domain saya. Reclaim (IMHO) adalah oleh pendidik, untuk pendidik.

Harga mereka lebih kompetitif jika dibandingkan dengan layanan lain. Apa yang benar-benar membedakan mereka adalah layanan pelanggan mereka. Mereka cepat dan mendukung ketika Anda memiliki masalah. Mereka juga memberi Anda alat yang Anda perlukan jika Anda ingin mencoba dan mencari tahu sendiri.

Untuk memulai Reclaim, klik tautan Shared Hosting. Bagi kebanyakan orang, Anda akan baik-baik saja dengan tingkat “Siswa & Individu”. Saya menggunakan tingkat layanan “Fakultas & Profesional”. Kemungkinan Anda tidak memerlukan tingkat layanan “Organisasi” … meskipun saya merasa saya akan segera berada di tingkat itu. Klik tombol “Daftar” untuk tingkat apa pun yang Anda pilih.

Anda akan diminta untuk memilih domain baru untuk akun ini. Dalam posting sebelumnya (satu, dua) saya membahas langkah-langkah yang harus Anda ikuti sebelum mengidentifikasi nama domain. Anda dapat mengetikkan nama domain potensial dan memeriksa ketersediaan alamat ini. Jika Anda sudah memiliki domain yang ingin Anda bawa, pilih opsi tersebut dan mulai diskusi Anda dengan tim dukungan pelanggan di Reclaim.

Jika domain tersedia, Anda dapat memilih lanjutkan dan lanjutkan untuk mengkonfigurasi domain dan hosting. Jika Anda ingin memilih nama domain lain, Anda dapat kembali ke halaman pencarian. Jika Anda memilih tombol “Lanjutkan”, Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi untuk domain Anda. Pilih kotak centang perlindungan ID dan lanjutkan.

Pada titik ini Anda akan diminta untuk memasukkan alamat dan informasi pembayaran Anda. Anda juga akan diminta untuk memilih nama pengguna dan kata sandi untuk akun Anda dengan Reclaim. Anda harus memasukkan informasi pembayaran pada saat ini untuk membayar layanan Anda untuk tahun tersebut.

Setelah titik ini, Anda akan menerima beberapa email dari Reclaim. Anda akan disambut di layanan mereka dan diberi tahu tentang domain baru Anda. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah tautan untuk memverifikasi akun dan email Anda. Dalam memandu siswa dan rekan melalui proses ini, mereka sering bingung dengan kesalahan dan tanda peringatan saat mereka mencoba masuk.

Di balik layar dengan Reclaim Hosting

Saat Anda membaca posting ini, Anda mungkin sudah memiliki domain dan hosting dengan perusahaan lain. Dalam hal ini Anda mungkin bertanya-tanya apakah sepadan dengan waktu dan investasi untuk beralih dari penyedia hosting Anda ke Reclaim. Jika Anda baru mengenal domain dan hosting web, Anda mungkin ingin tahu persis apa yang Anda dapatkan saat membayar Reclaim.

Leave a Reply