Cara Daftar Domain dengan Gratis untuk Situs Website, Pemula Wajib Banget Tahu

Optimaise.id – Mengapa penting untuk mendaftarkan ama domain untuk situs website kita? Karena ternyata dengan cara daftar domain, audiens akan lebih mudah menemukan suatu situs. Dengan mengetahui nama domain situs, maka pengunjung dapat langsung mengetikkan alamat sebuah situs website di bilah browser tanpa perlu mencari-cari lagi di mesin pencari Google.

Domain sendiri menggantikan alamat IP yang merupakan rangkaian angka unik dan acak untuk menentukan lokasi di mana file situs kita berada. Nama domain adalah bagian terpenting yang harus Anda miliki jika ingin sukses membangun brand. Tidak ada dua nama domain yang sama persis, meski beberapa ada yang mirip.

Idealnya domain adalah nama yang unik dan khas, sehingga audiens tidak kebingungan membedakannya dengan nama domain lain atau bisnis lain yang berbeda. Untuk Anda yang pemula dan ingin membuat nama domain berikut ini adalah panduan cara daftar domain situs website dalam 6 langkah mudah yang perlu diketahui:

  1. Pilih penyedia domain yang Anda inginkan

GoDaddy, Bluehost hingga Domain.com dan masih banyak lagi yang bisa dipilih untuk mendaftarkan domain Anda. Atau Biz.nf, Freenom, Dot.tk, TMD Hosting maupun Biz.ly, beberapa penyedia domain gratisan yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

  1. Cek apakah nama domain yang diinginkan tersedia

Jika Anda telah menemukan penyedia nama domain yang tepat, jangan lupa cek apakah nama domain yang diinginkan tersedia. Bersiaplah jika nama domain yang mungkin telah Anda tentukan sebelum melakukan pencarian ternyata sudah digunakan orang lain. Tapi jangan kecewa, karena ada jutaan nama domain yang tersedia yang siap Anda gunakan.

  1. Tentukan pilihan nama domain Anda

Setelah dihadapkan dengan beberapa opsi nama domain yang tersedia, pilihlah salah satu nama yang paling sesuai dengan brand Anda dan tetap pilih nama domain yang mudah ditemukan oleh para audiens.

  1. Pertimbangkan .com atau .net

.com adalah salah satu sufiks yang paling populer dalam cara daftar domain. Namun tidak sedikit pula yang menggunakan .net dan .org belakangan ini. Ketiganya adalah sufiks domain tingkat atas dalam sistem penamaan.

Meski begitu ada juga varian lain yang dapat Anda pertimbangkan, seperti sufiks domain sesuai kode negara, seperti .co.id untuk Indonesia. Dan sufiks nama domain terakhir yang biasanya digunakan oleh pemerintah, seperti .go.id atau .gov dan .edu untuk domain organisasi pendidikan.

  1. Beli nama situs domain yang Anda inginkan

Jika Anda sudah memilih nama domain dan sufiksnya, sekarang Anda akan diminta untuk mengirimkan biaya berlangganan selama setahun. Namun ada beberapa pendaftar domain yang dapat digunakan secara gratis untuk mendaftarkan domain.

  1. Tambahkan perlindungan ID domain Anda

Ketika Anda mendaftarkan nama domain, informasi yang Anda sertakan, seperti nama, nomor telepon, alamat rumah dan alamat email, semuanya dapat dilihat oleh umum. Nah, untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan seperti pencurian identitas, Anda perlu menambahkan perlindungan ID domain.

BACA JUGA : Perbedaan Internal dan External Link

Itulah cara daftar domain untuk situs website hanya dalam 6 langkah mudah yang dapat dilakukan oleh semua pemula. Ternyata cara mendaftarkannya mudah sekali, bukan?

Leave a Reply