Perbedaan Internal dan External Link yang jadi Senjata Penting dalam SEO

Optimaise.id – Mengapa kita perlu mengetahui perbedaan internal dan external link? Rupa-rupanya kedua hal tersebut merupakan bagian paling penting dalam SEO yang berperan dalam strategi pemasaran digital. Dan setiap jenis link ini memiliki tujuannya masing-masing untuk meningkatkan posisi situs website Anda di hasil pencarian mesin pencari.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak apa saja perbedaan dari internal dan external link agar bisa menikmati hasilnya secara maksimal.

Apa perbedaan internal dan external link?

Nah, yang dimaksud dengan internal link adalah hyperlink yang akan mengarahkan audiens ke halaman target di situs website Anda. Dengan kata lain, internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain yang masih dalam satu domain yang sama. Salah satu contoh dari internal link adalah navigasi situs web.

Sementara external link adalah tautan yang mengarah dari satu domain ke domain lain yang berbeda. Misalnya, Anda menautkan link dari situs web Anda ke situs web lain untuk memberi informasi tambahan kepada pembaca. Atau bisa juga Anda menautkan link eksternal dari situs web Anda ke program afiliasi.

Dan setelah Anda mengetahui apa saja perbedaan internal dan external link melalui ulasan singkat di atas, sekarang Anda juga harus mempelajari apa kelebihan dari internal dan external link.

Apa kelebihan internal dan external link?

Internal link dapat membantu meningkatkan usability melalui anchor text sekaligus peringkat halaman di mesin pencari. Selain itu, internal link juga dapat mengurangi bounce rate serta meningkatkan pengindeksan situs website.

Sebaliknya, external link dapat membantu para audiens dengan meningkatkan otoritas situs website Anda. Bahkan menautkan link situs website lain tidak akan mengacaukan peringkat halaman Anda. Justru melalui external link membantu Anda meningkatkan kredibilitas situs website.

BACA JUGA : Rekomendasi Plugin SEO Gratis

Kesimpulan

Dari penjelasan perbedaan internal dan external link di atas dapat kita tarik kesimpulan, bahwa internal link dapat membangun SEO, sementara external link membantu audiens mendapatkan informasi dengan lebih lengkap.

Leave a Reply