Perbedaan Strategi SEO dan SEM

Perbedaan SEO dan SEM – Demi menjangkau ke target audiens, perlu dilakukan pengoptimalan di mensin pencari agar konten/produk kamu terindeks. Kamu juga bisa melakukan kampanye iklan untuk pemasaran yang paling efektif menggunakan mesin pencari yang sama.

Kedua strategi tersebut sekilas akan terasa sama jika dilihat dari seorang pemula, namun punya mekanisme yang berbeda. Ya itulah yang dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing).

Pada artikel kali ini Optimaise akan menjelaskan perbedaan strategi, cara kerja SEO dan SEM serta  juga dengan cara memaksimmalkan keduanya.

Sebelumnya kami akan menjelaskan apa itu SEO dan SEM secara sederhana dan singkat. SEO yang bisa disebut juga optimasi mesin pencari adalah cara yang digunakan para Blogger mengoptimalkan situsnya agar bisa muncul dan berada di halaman pertama dan paling atas saat audiens mencarinya.

SEO ini banyak digunakan para blogger atau pengembang situs media besar karena bagus sekali untuk jangka panjang pemasaran, berbeda SEM. Jika SEO mengoptimasi tanpa mengeluarkan biaya untuk iklan di mesin pencari, SEM harus melakukannya. Jadi kamu akan dikenakan tarif yang sudah ditentukan dan dispakati untuk setiap audiens yang meng-klik tautan target iklan yang sudah kamu tentukan.

Menggunakan SEM memang tampak lebih cepat muncul di mesin pencari karena kamu harus mengeluarkan uang, tapi tidak bagus untuk digunakan dalam waktu yang lama. Berbeda dengan SEO meskipun perlu waktu yang lama, namun sekali sudah muncul di halaman pencarian kamu bisa menikmati banyak trafik yang stabil tanpa mengeluakan uang untuk ini.

Perbedaan SEO dan SEM

Karena 2 strategi ini memiliki cara yang berbeda, kamu harus menentukan sesuai dengan kebutuhan bisnis online yang kamu bangun. Kamu juga bisa mempertimbangkannya dengan melihat perbedaan uatam dari SEO dan SEM berikut ini:

Waktu dan Usaha

Perbedaan yang signifikan antara SEO dan SEM adalah waktu dan usaha yang dibutuhkan untuk mencapai target yang diinginkan.

Kecepatan Hasil

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, jika menggunakan SEM akan memungkinkan mendapatkan klik yang instan, sedangkan SEO akan memakan waktu lebih lama.

Tergatung dari tujuan pemasaran yang akan kamu gunakan kamu bisa menggunakan keduanya sekaligus untuk optimasi

Leave a Reply